Berbisnis Sarang Burung Walet dengan Omzet Menakjubkan

Berbisnis Sarang Burung Walet dengan Omzet Menakjubkan

Bisnis sarang walet – Memiliki usaha yang menjanjikan merupakan impian bagi sebagian besar orang. Dengan memiliki usaha sendiri, kemampuan seseorang dalam memenuhi kebutuhan finansialnya akan lebih mudah dicapai.

Namun, ketika ingin memulai usaha, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan seperti sarana prasarana, modal, dan faktor lainnya. Salah satu alternatif bisnis yang kini tengah marak dilakukan dan dapat menjadi alternatif pilihan Anda yaitu bisnis sarang walet.

 

Bisnis Sarang Walet yang Menguntungkan

Bisnis sarang walet sangat cocok bagi Anda yang tinggal di daerah pedesaan ataupun daerah yang jauh dari hiruk pikuk kendaraan. Di daerah yang tenang tersebut, banyak berkeliaran burung walet yang mencari tempat untuk membuat sarang sebagai tempat tinggal mereka.

Di Indonesia sendiri, bisnis sarang walet tengah kembali marak dilakukan oleh para pelaku usaha. Indonesia sendiri memang memiliki lingkungan yang sangat mendukung sehingga burung walet betah tinggal, seperti suhu, cuaca, kelembaban, dan juga curah hujan yang memadai.

Rumah burung walet sendiri pertama kali hadir di Indonesia pada abad 19. Di pulau Jawa sendiri, walet yang banyak dibudidayakan adalah jenis Collocalia Fuchipaga yang memiliki harga jual sekitar 10 hingga 13 juta tiap kg nya.

Ketika mengalami penurunan harga, harga jualnya hanya sekitar 2 sampai 4,5 juta saja per kg. Namun kini harganya kembali naik mencapai 6 hingga 8 juta per kg. Cara penjualannya pun terbilang mudah, peternak hanya perlu mengirimkan sarang walet kepada para pengepul dan kemudian uang nya akan langsung diterima.

Selain itu, para pedagang juga memiliki kebebasan dalam memilih pengepul yang memberikan harga tertinggi dan pembayarannya dilakukan tunai saat itu juga, sangat menjanjikan bukan?

Peningkatan permintaan walet ini sendiri merupakan akibat dari dibukanya impor oleh pemerintah Tiongkok. Di Tiongkok, walet ini sangat diminati dan merupakan sumber nutrisi bagi iu hamil dan juga balita.

Pemerintah Tiongkok juga sempat membuat embargo bisnis walet, namun para pengusaha dari Indonesia mengalihkan pasar bisnis sarang waletnya kepada pasar asing lainnya, seperti Amerika Serikat, Australia, hingga Jepang. Namun ketika embargo tersebut telah dibuka, permintaan sarang walet semakin meningkat dan memberikan keuntungan yang melimpah bagi pengusaha.

Dengan hasil yang sangat fantastis tersebut, biaya untuk memulai bisnis sarang walet ini juga tidaklah murah. Untuk menyiapkan rumah bagi walet dengan ukuran 8 meter x 20 meter dengan 4 lantai saja dibutuhkan kisaran dana 300 hingga 500 juta. Ada pula pengusaha bisnis sarang walet yang mengeluarkan hingga 1 milyar untuk rumah walet dengan fasilitas lengkap.

Pada dasarnya, membangun rumah walet ini tidaklah membutuhkan dana yang selalu besar-besaran. Dengan modal 20 juta, rumah walet sudah dapat dibuat. Anda dapat melakukan renovasi terhadap bagian atas bangunan rumah Anda sebagai bentuk penghematan biaya.

Namun, tidak selamanya rumah Anda akan mudah dihinggapi oleh burung walet. Untuk memancing burung walet tersebut, Anda dapat memasang tape dengan suara-suara burung walet. Hal ini akan memancing burung tersebut untuk datang ke rumah Anda dan membuat sarang disana.

Selain itu, Anda dapat membuat ruangan yang diberi wewangian, menciptakan ruangan yang lembab, dan juga menempatkan beberapa kotoran burung walet agar menarik mereka masuk ke dalam. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu sampai burung-burung tersebut membuat sarangnya.

Nah itulah beberapa cara memulai bisnis dengan memanfaatkan ketenaran burung walet saat ini. Anda tentu harus menyiapkan modal dan juga ruangan yang tepat agar bisnis sarang walet Anda dapat berjalan dengan lancar.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *