Cara Memasak Sarang Walet dengan Cita Rasa yang Sedap dan Gurih

Cara Memasak Sarang Walet dengan Cita Rasa yang Sedap dan Gurih

 

Cara memasak sarang walet – Sarang walet memiliki popularitas sejak zaman kerajaan dahulu. Sarang walet telah sering dikonsumsi oleh orang-orang China dan telah menjadi hidangan favorit mereka. Sarang walet dipercaya memiliki banyak manfaat. Oleh karena itu, meskipun rasanya hambar, sarang walet masih menjadi idola hingga sekarang.

Tingginya permintaan walet oleh masyarakat yang menjadikannya sebagai obat, membuat harganya melambung tinggi. Namun, karena alasan kesehatan, masyarakat tetap memilih sarang walet untuk dijadikan olahan. Untuk menghilangkan rasa hambarnya, ada beberapa aturan tentang cara memasak sarang walet. Simak caranya pada penjelasan di bawah ini.

 

Aturan Cara Memasak Sarang Walet

Berikut adalah aturan tentang cara memasak sarang walet versi pertama.

  1. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tidak membiarkan sarang walet berada di tempat terbuka dalam jangka waktu yang lama. Hal ini dapat menyebabkan sarang walet menjadi berkurang khasiat dan zat gizinya.
  2. Melakukan perendaman sarang walet selama kurang lebih sembilan puluh menit. Hal yang harus diperhatikan adalah perendaman harus menggunakan air yang bersuhu normal, atau dengan kata lain bukan air dingin maupun air panas.
  3. Setelah sembilan puluh menit berlangsung, sarang walet dapat diangkat dan ditiriskan untuk mengurangi kandungan airnya.
  4. Selanjutnya kita dapat memasak 400 ml air di atas panci dengan volume api yang kecil. Air ini nantinya akan digunakan untuk menyeduh sarang walet yang telah ditiriskan tadi.
  5. Setelah itu, kita dapat memasukkan gula batu ke dalam panci untuk menambahkan rasa manis. Pada proses ini kita dapat menambah volume api menjadi sedikit lebih besar sampai air mendidih.
  6. Setelah air mendidih dan gula batu larut dengan baik, volume api dapat dikurangi.
  7. Sarang burung walet yang telah ditiriskan dapat dimasukkan ke dalam panci berisi air dan gula dan membiarkannya selama 3 sampai 5 menit.
  8. Selanjutnya sarang walet telah siap untuk dihidangkan.

Cara memasak sarang walet tersebut adalah untuk menciptakan cita rasa yang manis pada olahan sarang walet. Sedangkan cara memasak sarang walet yang kedua ini adalah untuk menambahkan cita rasa yang gurih pada walet. Berikut uraiannya.

 

Cara Mendapatkan Cita Rasa yang Gurih pada Sarang Walet

                Berikut beberapa langkah agar Anda bisa mendapatkan cita rasa yang gurih pada walet:

  1. Melakukan perendaman sarang walet selama kurang lebih sembilan puluh menit. Hal yang harus diperhatikan adalah perendaman harus menggunakan air yang bersuhu normal, atau dengan kata lain bukan air dingin maupun air panas.
  2. Setelah sembilan puluh menit berlangsung, sarang walet dapat diangkat dan ditiriskan untuk mengurangi kandungan airnya. Namun, jika selama sembilan puluh menit sarang walet belum mengembang dan terasa lembut, kita harus menunggu lagi sampai sarang walet siap ditiriskan.
  3. Selanjutnya adalah dengan menyiapkan panci yang telah diisi air 400 ml atau setara dengan 2 gelas air di atas kompor dan memasaknya dengan api sedang.
  4. Selama masa pemanasan, kita dapat menambahkan kaldu ayam atau kaldu sapi untuk menciptakan cita rasa yang gurih dan berbeda.
  5. Selanjutnya kita dapat menambahkan gula batu sesuai dengan selera.
  6. Penambahan bahan-bahan yang dapat menciptakan berbagai macam cita rasa ini merupakan pilihan opsional sesuai selera masing-masing konsumen. Kita dapat menambahkan pandan, daun mint, putih telur, serai, dan lain-lain.
  7. Setelah menunggu beberapa menit, jika air telah mendidih kita dapat memasukkan sarang walet yang sudah direndam tadi.
  8. Setelah memasak selama 2 hingga 4 menit, sarang walet siap dihidangkan.

Kedua cara memasak sarang walet tersebut dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin merasakan manfaat sarang walet dengan cita rasa yang dapat Anda ciptakan sendiri.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *