Berapa harga sarang walet

Berapa Harga Sarang Walet

Sejumlah pihak yang ingin memanfaatkan air liur walet pasti akan mencari tahu harga sarang walet. Sebagian besar orang mengatakan bahwa harga yang ditawarkan untuk sarang burung walet itu sendiri cukup fantastis, sehingga akan menguras kantung.

Memang tak bisa kita pungkiri juga bahwa bisnis sarang burung walet memang cukup menjanjikan. Keuntungannya pun bisa dikatakan lumayan. Oleh karena itu, tak heran jika ada banyak orang yang ingin mengetahui berapa harga sarang walet.

 

Apa yang Memengaruhi Harga Sarang Walet?

Ada banyak orang yang ingin mengetahui berapa harga sarang walet. Sebelum mereka membeli untuk mengonsumsi atau memanfaatkan air liur burung walet, harga akan selalu menjadi bagian penting yang dipertimbangkan oleh mereka. Maka, mengetahui informasi tentang harga sarang burung walet akan sangat berarti untuk sejumlah pihak tertentu.

Sebenarnya, harga yang ditawarkan per kilo memang cukup fantastis dan mahal. Jumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli sarang burung walet tidaklah sedikit. Bahkan, tak semua orang bisa membelinya untuk dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu panjang.

Kita bisa mengetahui bahwa harga sarang walet bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung pada jenis burung walet. Selain itu, ukuran sarang walet satu dengan yang lain tidak selalu sama dan tersusun dari material berbeda. Dengan begitu, kandungan air liurnya pun bisa berbeda.

 

Harga Sarang Walet Menurut Jenis Burungnya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, harga sarang walet bisa berbeda-beda. Hal ini tergantung dengan jenis burung walet, sehingga nantinya akan menghasilkan ukuran yang berbeda pula. Di samping itu, perbedaan jenis burung walet juga bisa berpengaruh terhadap seberapa banyak kandungan air liur di dalamnya. Ini dia 5 jenis burung walet tersebut.

  1. Edible-nest Swiftlet (walet sarang putih)

Sarang ini dihasilkan burung walet jenis Aerodtamus fushipagus. Tempatnya di gua atau gedung, yang bisa disebut walet rumahan. Kita bisa menemukannya di gua atau gedung, yang biasanya disebut dengan walet rumahan. harga sarang walet rumah lebih tinggi dari sarang walet gua.

  1. Black-nest Swiftlet (walet sarang hitam)

Sarang berwarna hitam ini dihasilkan burung walet jenis Aerodramus maximus. Lebarnya sekitar 5 sampai 7 cm. Harganya cenderung rendah, karena kandungan air liurnya hanya sekitar 60%. Harga sarang burung walet ini lebih rendah jika dibandingkan dengan sarang walet yang berwarna putih.

  1. White bellied swiftlet (walet sarang rumput)

Sarang ini dihasilkan oleh walet jenis Aerodramusfuciphagus atau maximus serta Collocalia esculanta. Harga sarang ini cenderung rendah karena kandungan air liurnya hanya sekitar 3 sampai 8 gram. Sarang burung walet ini terbuat dari campuran air liur dan bunga, cemara, rumput, daun, daun pinus, dan sebagainya.

  1. Most nest swiftlet (sarang lumut sriti)

Sarang burung walet ini dibuat oleh walet jenis Collocalia vanikorensis. harga sarang walet ini cenderung rendah karena hanya 2 sampai 3 gram. Sarang ini terbuat dari campuran antara air liur burung walet dan lumut. Bila masih dalam keadaan baru, warnanya kehijauan. Lama-lama berubah warna menjadi coklat kehitaman.

  1. Red nest (walet sarang merah)

Sarang warna merah ini dihasilkan walet jenis Aerodramus fuciphagus dan paling sulit ditemukan. Harganya pun paling mahal. Pada umumnya sarang walet ini diproduksi saat musim penghujan di tempat yang kelembaban udaranya sangat tinggi. diameternya sekitar 9 cm dan berat sekitar 9 gram.

Sejumlah informasi tentang harga sarang walet di atas bisa memberi gambaran pada Anda untuk memilih. Dengan begitu, Anda tak perlu heran dengan perbedaan harga beberapa jenis sarang berdasarkan burung waletnya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *