Mengejutkan ! Sarang walet pun ternyata berbahaya untuk dikonsumsi jika…

Mengejutkan! Sarang Walet pun Ternyata Berbahaya Untuk Dikonsumsi, Jadilah Konsumen Bijak

Banyak orang yang percaya jika sarang walet memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan hal ini BENAR adanya. Berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi sarang walet adalah membantu dalam membersihkan paru-paru karena kandungan glyco protein. Selain itu, manfaat lain adalah meningkatkan tenaga, melancarkan sirkulasi darah hingga menyembuhkan luka pasca operasi dan masih banyak lagi. Namun demikian, dari sederet manfaat tersebut ada efek samping makan sarang walet jika proses pencucian nya tidak benar.

 

Waspadai Pedagang Nakal yang menggunakan hydrogen peroksida

Terkait dengan efek samping penggunaan hydrogen peroksida. Hydrogen peroksida merupakan campuran dari hydrogen dioksida, dihidrogen dioksida dan oksidol. Kandungan ini memiliki sifat oksidaor yang mana bahan ini sering kali digunakan sebagai bahan pemutih ataupun disinfektan. Disebutkan bahwa hydrogen peroksia ini memiliki beberapa sifat yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Bahan ini dikategorikan bukan asam, namun mampu merubah kertas lakmus menjadi merah
  2. Larutan pekat dari hydrogen peroksida ini mampu membuat kulit menjadi rusak
  3. Adanya daya disinfektan yang dimiliki oleh bahas tersebut

Terkait dengan efek samping hydrogen peroksida tersebut, dikatakan bahwa hydrogen peroksida ini sering kali di manfaatkan dalam industri kertas ataupun tekstil sebagai bleaching agent. Lebih mengejukannya lagi, bahan tersebut juga sering kali digunakan pada proses pengolahan limbah cair, pembuatan detergen, industri kimia hingga pemutih untuk sarang burung walet.

 

Sarang burung walet rawan atas tindak pemutihan

Bisa dibilang mengingat banyaknya peminat dari sarang burung walet ini, banyak produsen sarang burung walet yang mencoba bersaing dengan menambahkan pemutih yang dalam hal ini adalah hydrogen peroksida.

Tentunya, hal ini akan menimbulkan efek samping makan sarang walet yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Padahal, secara sederhana, pemutihan sarang burung walet bisa dilakukan sangat sederhana melalui pencician dan juga perendaman. Sayangnya cara ini sangatlah membutuhkan waktu yang lama.

 

Penggunaan hydrogen peroksida pada sarang burung walet

Banyak sekali efek samping makan sarang walet yang akan Anda rasakan ketika Anda mengkonsumsi sarang yang memiliki kandungan hydrogen peroksida. Beberapa bahaya yang bisa saja akan menghampiri Anda ketika mengkonsumsi makanan tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Mengkonsumsi sarang burung walet dengan kandungan hydrogen peroksida akan menurunkan kandungan lemak dan juga karbohidrat di dalamnya
  2. Selain itu, tindakan pengkonsumsian sarang walet tersebut juga akan menyebabkan adanya penurunan kadar protein di dalam sarang walet tersebut. Hal ini disebabkan oleh terputusnya ikatan glikogen dan juga protein yang terdapat pada sarang walet hitam yang kemudian diputihkan.
  3. Jika kandungan hydrogen peroksida di dalam sarang burung walet sangat tinggi, maka akan menyebabkan adanya penurunan kandungan mineral di dalamnya seperti halnya Calcium, Posfor dan Besi. Permasalahan ini disebabkan oleh adanya larutnya bahan mineral di dalamnya atas hydrogen peroksida.
  4. Menimbulkan penumpukan zat pemutih di dalam tubuh yang dalam jangka panjang akan menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan lainnya.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin mengkonsumsi sarang burung walet, pastikan untuk memperhatikan proses pencucian sarang walet tersebut. Jika Anda tetap mengkonsumsi sarang walet dengan hydrogen peroksida dalam jangka panjang, maka efek samping dari hydrogen peroksida akan membuat kandungan ragam bahan bermanfaat di dalamnya semakin berkurang. Selain itu, sangat mungkin Anda akan mengalami penumpukan zat pemutih di dalam tubuh sebagai efek samping makan sarang walet dengan pencucian menggunakan hydrogen peroksida.

 

So, jadilah konsumen bijak

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *